Mencegah Virus Tanpa Antivirus

10 05 2009

Tentunya kita tidak ingin kalau komputer kita ‘mengidap’ banyak virus. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang menggunakan software anti virus untuk melindungi komputernya. Namun, menggunakan software anti virus bukanlah perkara simpel, kendalanya cukup banyak. Mulai dari update database virus yang membutuhkan koneksi internet sampai pada efek dari software itu sendiri yang biasanya membutuhkan resource tinggi sehingga sering membuat komputer kita menjadi lambat, lalu belum lagi masalah pencarian cra*ck bagi yang menggunakan anti virus bajakan. Wah repot banget!

Tapi tenang teman, banyak jalan menuju roma. Ikuti saja beberapa langkah tips di bawah ini, Insya Allah komputer kamu akan kebal dari serangan virus! Cara ini terbukti ampuh menjaga komputer saya aman dari virus tanpa repot-repot menggunakan software anti virus.

1. Non-aktifkan Fitur Autoplay
Hampir semua virus menggunakan fitur ini (autorun.inf) guna menyebarkan dirinya. Ketika flashdisk dihubungkan ke sebuah PC, maka virus akan otomatis berjalan. Untuk mematikan fitur ini, klik Run (win+R) pada start menu kemudian ketik gpedit.msc.
* Computer configuration > Administrative Templates > system > turn off auto-play > pilih enabled All drives
* User configuration > Administrative Templates > system > turn off auto-play > pilih enabled All drives

2. Blok File Executable pada External Device
Maksudnya File executable itu adalah file yang berekstensi *.exe *.msi *.pif *.scr *.bat *.cmd *.vbs, dan sebagainya. Untuk diketahui, virus adalah sebuah file executable. Jadi kalau kita gunakan cara ini, virus dalam flasdisk tidak akan bisa berjalan.

Masuk control panel > Administrative Tools > Local Security Policy > Security settings > klik kanan pada Software Restriction Policies, kemudian pilih Additional Rules.
Klik Kanan pada jendela sebelah kanan lalu pilih New Path Rule.
Pada form yang tersedia, klik browse atau ketik huruf drive flashdisk kamu. Contoh “F:\” (tanpa tanda petik). F adalah huruf drivenya. Ganti F dengan huruf lain yang mewakili drive flashdisk kamu lalu pilih disallowed pada opsi dibawahnya.

3. Restart PC

Sekian tips dari saya. Semoga tips ini bisa membantu kamu terlepas dari masalah virus dan tentunya dengan cara yang sangat hemat dan simpel. Dan yang paling penting, kita gak perlu takut untuk nyolokin FD lagi deh. Bye bye Virus! hehehe

PS: Tips ini untuk windows XP.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: