terminal server di windows XP

7 05 2009

rdpbanyak pengusaha warnet di indonesia yang memanfaatkan teknologi PXES thin client untuk membuat warnet yang hemat dari segi investasi perangkat keras, karena hanya dengan satu komputer yang cukup gegas lalu sisanya menggunakan komputer tua tanpa harddisk alias diskless sudah bisa membuat warnet yang tiap work station memiliki kecepatan setara dengan komputer yang paling gegas tadi.

implementasi paling sederhana adalah semuanya menggunakan linux; ini adalah cara yang paling murah. namun warnet tipe ini kurang bisa bersaing dengan warnet yang menggunakan microsoft windows, karena memang masyarakat awam lebih mengenal windows ketimbang linux. implementasi berikutnya adalah menggunakan windows 2000 server atau windows 2003 server dengan tambahan servis terminal server. solusi ini walaupun menjawab kebutuhan masyarakat awam akan microsoft windows, namun sangat mahal jika harus membeli lisensi windows 2000/2003 server, belum lagi jika harus membeli client access license. kebanyakan implementasi warnet seperti ini memanfaatkan masa percobaan 90 hari untuk terminal services, lalu jika masa percobaan berakhir maka server windows 2000 server tadi di-install ulang dari awal.

pinuxer berusaha menjawab masalah di atas dengan menggunakan windows XP SP2 dan patch yang mengembalikan ke kondisi servis terminal server windows XP saat masih beta. namun entah mengapa patch yang tersedia di sana hanya mengijinkan maksimum 3 user untuk login, 2 dari remote dan 1 secara lokal. saya sudah mencoba melakukan modifikasi policy dengan menjalankan gpedit.msc, namun tidak membuahkan hasil.

terinspirasi dari tulisan pinuxer di atas, saya coba googling, dan ternyata ada pihak lain yang menyediakan patch yang mirip. saya sudah mencoba patch ini, dan ternyata sukses, saya bisa membuat windows XP SP2 menjadi sebuah terminal server tanpa limitasi koneksi (sejauh ini saya baru mencoba sampai 6 koneksi). dalam kondisi default, user bisa melakukan multiple session login. jika bukan ini yang diinginkan, jalankan gpedit.msc lalu masuk ke Local Computer Policy - Computer Configuration - Administrative Templates - Windows Components - Terminal Services, lalu set untuk Enabled pada bagian Restrict Terminal Services users to a single remote session.

agar bisa memanfaatkan terminal server ini, windows XP tidak bisa menjadi anggota sebuah domain, lalu fasilitas Fast User Switching harus diaktifkan. sebaiknya buat user sebagai Limited User, dan jangan lupa daftarkan user tersebut dalam daftar siapa saja yang berhak melakukan remote connection.

dilihat dari harga lisensi, windows XP jauh lebih murah ketimbang windows 2000 server, dan tidak perlu ada lisensi CAL. namun yang masih belum jelas adalah apakah patch ini tidak melanggar peraturan yang berlaku. dan terakhir, sekedar disclaimer, resiko anda tanggung sendiri, saya tidak bertanggung jawab jika patch ini malah merugikan anda.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: